bleaching_veneer_arini dental care

Memiliki senyum yang indah dan gigi yang putih bersih adalah dambaan setiap orang. Terdapat berbagai metode perawatan gigi yang dapat membantu mencapai tujuan tersebut, dua di antaranya adalah veneer dan bleaching. Kedua metode ini bertujuan untuk memperbaiki penampilan gigi, namun keduanya memiliki pendekatan dan efek yang berbeda. Mari kita bahas perbedaan antara kedua treatment gigi ini.

  1. Pengertian dan Fungsi:
  • Veneer: Veneer adalah lapisan tipis dari bahan keramik atau komposit yang dipasang di permukaan depan gigi. Tujuannya adalah untuk mengubah bentuk, ukuran, warna, atau posisi gigi yang tidak sempurna. Veneer dapat menyembunyikan noda atau cacat pada gigi serta memberikan hasil yang lebih estetis dan serasi.
  • Bleaching: Bleaching atau pemutihan gigi adalah prosedur untuk mencerahkan warna gigi yang mengalami perubahan warna atau kekuningan akibat penuaan, konsumsi kopi, teh, merokok, atau faktor lainnya. Bleaching membantu mengurangi noda dan pigmentasi pada permukaan gigi sehingga gigi tampak lebih putih dan bersinar.
  1. Proses:
  • Veneer: Untuk pemasangan veneer, gigi akan diukur dan dipersiapkan dengan cara mengikis sedikit bagian permukaan gigi. Kemudian, lapisan veneer yang sudah dibuat khusus akan ditempatkan dan diperbaiki pada gigi menggunakan bahan adhesif atau perekat gigi.
  • Bleaching: Pada proses bleaching, agen pemutih khusus akan digunakan untuk merusak pigmen yang mengakibatkan noda pada gigi. Proses ini dapat dilakukan di klinik dokter gigi atau dengan menggunakan produk pemutih gigi yang aman dan teruji.
  1. Efek dan Hasil:
  • Veneer: Dengan veneer, hasilnya biasanya langsung terlihat dan gigi akan tampak lebih indah serta sejajar. Selain itu, veneer juga dapat mengatasi masalah seperti gigi yang rusak, terkikis, atau berlubang. Namun, prosedur ini membutuhkan pengukuran yang tepat dan irreversible, artinya gigi yang sudah dipotong tidak dapat dikembalikan seperti semula.
  • Bleaching: Hasil bleaching bisa bervariasi tergantung pada tingkat kekuningan gigi sebelumnya dan kondisi gigi setiap individu. Pemutihan gigi dapat memberikan hasil yang memuaskan dalam beberapa sesi perawatan, namun hasilnya tidak permanen dan dapat memudar seiring waktu, terutama jika tidak diikuti dengan perawatan yang tepat.
  1. Indikasi:
  • Veneer: Veneer cocok untuk mengatasi masalah gigi yang tidak rata, patah, berlubang, atau mengalami perubahan warna permanen. Proses veneer cocok untuk mengubah bentuk dan ukuran gigi secara keseluruhan.
  • Bleaching: Bleaching sesuai untuk gigi yang mengalami perubahan warna akibat faktor eksternal, seperti makanan atau minuman yang mengandung pigmen. Perawatan ini lebih cocok untuk mengatasi masalah warna gigi dan bukan bentuk atau posisi gigi.

Veneer dan bleaching adalah dua metode perawatan gigi yang berbeda dan digunakan untuk tujuan yang berbeda pula. Jika Anda ingin mengubah bentuk, ukuran, atau memperbaiki gigi yang rusak, veneer bisa menjadi pilihan. Namun, jika Anda hanya ingin memutihkan warna gigi yang mengalami perubahan akibat noda-noda eksternal, bleaching adalah pilihan yang lebih tepat. Sebaiknya konsultasikan ke dokter gigi untuk menentukan perawatan yang sesuai dengan kondisi gigi Anda.

Ingatlah bahwa menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dengan baik adalah kunci untuk senyum indah dan gigi yang berseri-seri. Arini Dental Care menyediakan treatment Veneer dan Bleaching yang ditangani oleh dokter yang berkompeten dan berpengalaman. Konsultasikan keluhan Anda secara gratis di Arini Dental Care, dan reservasi dengan klik link disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *