Ayo ngaku siapa yg seumur hidup belum pernah scaling? Hiii...pasti bnyak tuh karang giginya...😂


Apa itu Scaling??
Scaling merupakan proses pembersihan karang gigi yg menempel erat di gigimu dengan menggunakan alat khusus yg biasa disebut dengan Scaler. Sebaiknya scaling dilakukan secara rutin minimal 6 bulan secali, karena karang gigi yang dibiarkan menumpuk akan menimbulkan masalah-masalah seperti bau mulut serta kerusakan gigi yang lain.

Supaya kamu tidak takut dengan scaling, kamu harus tau dulu nih apa sih tahapan-tahapan dari scaling gigi.


1. Pemeriksaan gigi dan mulut

Pada tahap ini dokter akan memeriksa secara keseluruhan kondisi mulutmu, apakah ada peradangan gusi atau bahkan terdapat gigi yang rusak dan perlu penanganan lebih lanjut

2. Membersihkan gigi dengan Alat Scaler

Langkah selanjutnya, dokter akan menggunakan alat yang disebut scaler untuk membersihkan karang atau plak yang menempel di selah2 gigi dan gusimu. Plak atau karang gigi tidak akan hilang hanya dengan menggosok gigi loh.

3. Menyikat gigi

Setelah plak atau karang gigi sudah berhasil dihilangkan, dokter akan membersihkan atau membilas semua gigimu dengan sikat gigi elektrik. Tujuan dari penyikatan ini adalah menghilangkan sisa2 plak yang tertinggal diantara gigi dan gusi mu.

4. Berkumur

Setelah seluruh proses scaling selesai, dokter akan membilas mulut Anda. Anda akan diminta berkumur dengan menggunakan cairan yang mengandung fluoride, sebagai perawatan penutup


Gimana? tidak menyeramkan bukan perawatan Scaling? Untuk lebih jelasnya mengenai perawatan scaling ini, kamu bisa langsung konsultasi dengan tim dokter Klinik gigi Arini Dental Care Karawang yah.

One thought on “Apa itu Scaling gigi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *