apakah_behel_bisa_merubah_bentuk_rahang

Behel gigi, atau kawat gigi ortodontik, telah menjadi solusi yang umum digunakan untuk memperbaiki posisi gigi dan merapikan rahang. Banyak orang yang menggunakan ortho untuk alasan estetika dan kesehatan. Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah apakah ortho benar-benar mampu merubah bentuk rahang seseorang? Mari kita telaah lebih lanjut.

1. Mekanisme Kerja Behel: Behel bekerja dengan menempatkan tekanan lembut pada gigi dan tulang rahang. Melalui kawat dan bracket yang dipasang pada gigi, ortho secara bertahap mengarahkan gigi ke posisi yang diinginkan. Proses ini memungkinkan perubahan pada penampilan gigi dan memberikan dampak terhadap bentuk rahang.

2. Perubahan Posisi Gigi: Secara langsung, Ortho membantu meratakan gigi yang miring, bertumpuk, atau terpisah. Proses ini dapat memberikan efek visual pada rahang, mengubah tata letak gigi, dan meningkatkan estetika senyum.

3. Pengaruh Terhadap Gigitan: Ortho juga dapat memperbaiki masalah gigitan yang mungkin terkait dengan bentuk rahang. Gigitan tidak tepat atau overjet dapat dikoreksi melalui perubahan posisi gigi dengan bantuan ortho.

4. Ruang dan Estetika: Behel membantu mengatasi masalah kekurangan ruang di rahang, yang dapat mempengaruhi penampilan rahang secara keseluruhan. Dengan merapikan gigi, ortho dapat memberikan kesan positif terhadap bentuk rahang.

5. Pentingnya Peran Pasien: Keberhasilan penggunaan behel juga sangat tergantung pada seberapa baik pasien mematuhi petunjuk perawatan ortodontik yang diberikan oleh dokter gigi ortodontik. Kedisiplinan pasien dalam merawat ortho, seperti membersihkan gigi dan menjaga kebersihan mulut, memainkan peran penting dalam mencapai hasil yang optimal.

Meskipun behel tidak dapat secara langsung “merubah” bentuk rahang, penggunaannya dapat memberikan efek visual yang signifikan pada penampilan rahang melalui perubahan posisi gigi. Behel gigi tidak hanya memberikan manfaat estetika, tetapi juga dapat memperbaiki masalah kesehatan gigi dan rahang. Oleh karena itu, konsultasikan dengan dokter gigi ortodontik untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai kemungkinan perubahan yang dapat dicapai dengan penggunaan ortho. Jika kamu berencana untuk treatment ortho/ behel di Arini Dental Care, klik disini untuk reservasi dan konsultasi langsung dengan dokter gigi di Arini Dental Care.